7 Fakta Perbankan Digital Modern Dapat Dipercaya

Bisnis, Hot339 Dilihat

Apa itu perbankan digital modern?

7 Fakta Perbankan Digital Modern Dapat Dipercaya. Perbankan digital modern adalah layanan perbankan yang disediakan secara online melalui platform digital. Dalam arti kata lain, transaksi keuangan dapat dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa harus datang langsung ke bank.

Salah satu ciri utama dari perbankan digital modern adalah penggunaannya yang serba otomatis, mulai dari pembukaan rekening hingga melakukan transaksi sehari-hari seperti transfer uang dan pembayaran tagihan.

Layanan perbankan ini juga mempunyai fitur-fitur canggih seperti notifikasi real-time dan autodebet untuk membantu mengatur keuangan Anda dengan lebih baik.

Selain itu, berbeda dengan layanan tradisional pada umumnya, semua hal dapat dilakukan dengan cepat hanya melalui aplikasi mobile atau website resmi bank terkait. Jadi tidak perlu lagi mengantri di loket ataupun keluar rumah hanya untuk melakukan transaksi sederhana.

Dalam era digital saat ini, sudah semakin banyak bank yang menyediakan layanan perbankan digital modern untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi kapanpun dan dimanapun mereka inginkan. Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 saat ini, menggunakan layanan tersebut menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan serta menghindari kerumunan orang di tempat umum.

Keuntungan dari perbankan digital modern

Perbankan digital modern adalah solusi perbankan terkini yang memungkinkan transaksi keuangan dilakukan dengan cepat dan mudah. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan perbankan digital modern.

Pertama-tama, Anda tidak perlu lagi antre di bank untuk melakukan transaksi keuangan seperti transfer uang atau bayar tagihan bulanan. Semua ini bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking yang tersedia di smartphone Anda.

Selain itu, penggunaan kartu ATM juga menjadi semakin jarang karena sebagian besar transaksi dapat dilakukan secara online. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko pencurian atau pembobolan rekening oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, layanan juga memberikan kemudahan dalam melakukan investasi dan pembelian produk asuransi. Dengan adanya fitur investasi saham atau reksadana, nasabah dapat lebih mudah berinvestasi sesuai dengan profil risikonya.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, biaya administrasi untuk menggunakan jasa perbankan tersebut cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bank tradisional. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha maupun individu yang ingin memaksimalkan anggarannya untuk hal lainnya.

Dalam era teknologi informasi saat ini, sudah waktunya kita beralih ke layanan agar lebih hemat waktu dan efisien dalam melakukan aktivitas finansial kita sehari-hari.

Baca Juga  Tempat gadai barang di Depok terbaru

7 fakta tentang perbankan digital modern yang dapat dipercaya

Perbankan digital modern memang semakin populer di Indonesia. Dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan, tak heran jika masyarakat semakin beralih menggunakan perbankan digital modern sebagai sarana transaksi finansial mereka.

Namun, seiring dengan maraknya penggunaan perbankan digital ini, banyak juga orang yang masih meragukan keamanannya. Sebenarnya, apakah benar-benar aman menggunakan perbankan digital modern? Berikut adalah 7 fakta tentang yang dapat dipercaya:

1. Perusahaan-perusahaan fintech penyedia layanan perbankan digital umumnya sudah terdaftar resmi dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga terjamin legalitasnya.
2. Transaksi melalui aplikasi atau website bank memiliki tingkat enkripsi data yang tinggi sehingga sangat sulit untuk diretas.
3. Ada fitur OTP (One Time Password) sebagai salah satu bentuk verifikasi transaksi agar tidak bisa dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
4. Pengguna juga bisa mengaktifkan fitur notifikasi setiap kali ada transaksi atau masuk ke akun demi menjaga keamanannya.
5. Bank-bank besar atau institusi finansial ternama lebih cenderung mengembangkan sistem keamanannya secara serius karena reputasinya tergantung pada itu.
6. Saat login dari device baru, biasanya akan diminta melakukan verifikasi tambahan seperti scan sidik jari ataupun wajah pemilik akun untuk memastikan bahwa hanya pemilik asli akun saja yang dapat mengakses informasi tersebut
7. Adanya program proteksi pembayaran yang memproteksi pengguna dari segala jenis penipuan dan

Alternatif perbankan digital modern

Jika Anda ingin mencoba alternatif, terdapat beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan. Salah satunya adalah aplikasi uang elektronik yang semakin populer di Indonesia seperti OVO, GoPay dan DANA.

Aplikasi-aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, top-up pulsa dan bahkan investasi dengan mudah melalui smartphone. Selain itu, keamanan dalam menggunakan aplikasi ini juga cukup baik karena adanya sistem otentikasi dua faktor yang memberikan lapisan perlindungan ekstra bagi penggunanya.

Selain aplikasi uang elektronik, ada juga bank-bank digital seperti Jenius dari BTPN dan Digibank dari DBS Bank yang menawarkan layanan perbankan lengkap secara online tanpa harus mengunjungi kantor cabang fisik. Kelebihannya antara lain mudahnya membuka rekening hanya dengan menggunakan KTP serta tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Namun sebelum memutuskan untuk beralih ke alternatif, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan finansial Anda terlebih dahulu agar dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan serta budget Anda.

Baca Juga  Tempat Service Hp Murah Di  Depok Kreatif

Kesimpulan

Dari tujuh fakta yang telah dijelaskan, jelas bahwa adalah solusi keuangan masa depan. Dengan kemudahan dan keamanannya, semakin banyak orang beralih dari layanan perbankan tradisional menuju layanan.

Keuntungan seperti aksesibilitas 24 jam sehari, mudah digunakan dari mana saja, serta fitur-fitur inovatif seperti pembayaran dengan satu kali klik membuat hidup lebih nyaman bagi para pengguna. Bank-bank besar dan fintech terus berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik dalam hal ini.

Namun demikian, tetap ada alternatif lain bagi mereka yang tidak tertarik menggunakan perbankan digital modern. Namun jika Anda mencari kenyamanan dan kemudahan dalam mengatur keuangan Anda secara online, maka tidak ada salahnya mencoba layanan tersebut.

Jadi apakah perbankan digital modern dapat dipercaya? Jawabannya tentu saja iya! Setiap platform memiliki sistem keamanan yang ketat untuk melindungi informasi pribadi nasabah serta transaksi finansial mereka. Oleh karena itu, cobalah lakukan riset terlebih dahulu tentang bank atau fintech mana yang tepat untuk Anda gunakan.

Kesimpulannya, meskipun masih relatif baru di Indonesia, namun tren penggunaan layanan perbankan digital modern semakin meningkat pesat. Kita bisa merasakan sendiri betapa mudahnya melakukan transaksi dengan hanya beberapa klik pada aplikasi tersebut tanpa harus datang langsung ke bank fisik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam mempertimbangkan opsi-opsi pelayanan perbankan modern yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Untuk informasi lainnya: guruinter.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *