Cara Melakukan Tarawih Sendiri di Rumah Tanpa Ribet

Kewajiban, Lifestyle629 Dilihat

Apa itu Shalat Tarawih?

Cara Melakukan Tarawih Sendiri di Rumah Tanpa Ribet. Shalat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan di bulan Ramadan setelah shalat Isya. Ibadah ini memiliki arti sangat penting bagi umat Muslim karena selain mendapatkan pahala, juga memberikan kekuatan spiritual dan mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Biasanya, shalat tarawih dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau musala. Namun, dengan situasi pandemi seperti saat ini, kita bisa melaksanakannya sendiri di rumah tanpa harus keluar dari rumah.

Shalat tarawih terdiri dari 11 atau 23 raka’at sesuai dengan mazhab yang dianut oleh masing-masing individu. Pada awalnya, shalat tarawih disunnahkan untuk dibaca pada sepuluh malam pertama bulan Ramadan sebagai bentuk persiapan menjelang Lailatul Qadar.

Namun seiring perkembangan zaman dan tradisi lokal, biasanya pelaksanaan shalat tarawih menjadi rutin setiap malam pada bulan Ramadan hingga hari terakhir puasa tiba.

Dalam rangka melakukan ibadah tersebut dengan baik dan benar perlu dipersiapkan beberapa hal sebelum mulai melaksankan nya demi mendapat konsentrasi serta ketenangan batin dalam menunaikan ibadah tersebut.

Keutamaan Shalat Tarawih

Keutamaan Shalat Tarawih terletak pada fungsinya sebagai ibadah sunnah yang dilakukan selama bulan Ramadan. Meskipun tidak wajib, namun Rasulullah SAW sendiri sangat menekankan pentingnya melaksanakan Shalat Tarawih.

Ada beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dengan melaksanakan Shalat Tarawih di rumah. Pertama, kita akan mendapatkan pahala karena menjaga sholat sunnah dan memperbanyak amalan baik selama bulan suci Ramadan. Kedua, berdoa sambil merasakan khusuk dan khidmat saat melaksanakan ibadah ini dapat membantu meningkatkan kualitas iman dan takwa seseorang kepada Allah SWT.

Dalam hadist riwayat Imam Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengamalkannya (Shalat Tarawih) secara ikhlas karena Allah semata maka diampuni dosanya yang telah lalu.” Oleh karena itu, peluang untuk memperoleh pahala besar dari melakukan ibadah tersebut menjadi lebih terbuka lebar.

Selain itu, keberkahan Ramadhan juga bisa diraih ketika kita rutin melaksanakan Shalat Tarawih di rumah dengan niat tulus ikhlas mencari ridho-Nya saja. Dengan demikian, setiap gerak-gerik dalam tarikan nafas saat berdoa pun akan menjadi sarana untuk meningkatkan rasa syukur kita atas nikmat hidup sehat serta rejeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Semoga dengan mempelajari Keutamaan Shalat Tarawih ini, kita semakin termotivasi untuk

Baca Juga  Cara bikin laporan polisi di Kupang kreatif

Persiapan Awal Shalat Tarawih di Rumah

Sebelum memulai shalat tarawih di rumah, ada beberapa persiapan awal yang perlu dilakukan untuk menjadikan ibadah ini lebih khidmat dan bermakna. Pertama-tama, pastikan bahwa ruangan yang akan digunakan dalam melaksanakan shalat tarawih sudah bersih dan rapi. Bersihkan debu-debu atau barang-barang yang tidak diperlukan agar tidak mengganggu konsentrasi selama beribadah.

Selanjutnya, pilihlah tempat yang tenang dan nyaman untuk melakukan shalat tarawih tersebut. Pastikan juga suhu udara dalam ruangan terasa sejuk dan nyaman sehingga dapat meningkatkan kenyamanan selama beribadah.

Tidak hanya itu, pastikan juga diri sendiri memiliki niat serta semangat yang kuat untuk melaksanakan shalat tarawih di rumah tersebut dengan sungguh-sungguh. Jangan lupa membiasakan diri untuk menyiapkan air wudhu sebelum memulai ibadah.

Terakhir, siapkan perlengkapan seperti sajadah atau mukena sebagai penunjang pelaksanaan sholat. Persiapkan juga Al-Quran sebagai pedoman saat membaca ayat-ayat suci dari kitab suci Islam tersebut.

Dengan melakukan persiapan-persiapan ini secara benar dan tepat waktu, maka kita dapat lebih fokus pada pelaksanaan ibadah tanpa adanya gangguan ataupun kekhawtiran hal-hal lainnya.

Tata Cara Shalat Tarawih Sendiri di Rumah dengan Doa dan Niat Lengkap

Untuk melakukan Shalat Tarawih sendiri di rumah, ada beberapa tata cara yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah menyiapkan ruang yang nyaman dan tenang untuk melaksanakan shalat. Pastikan juga bahwa waktu shalat telah tiba sesuai dengan jadwal yang berlaku di daerah Anda.

Kemudian, lakukan wudhu seperti biasa sebelum memulai shalat tarawih. Setelah itu, pastikan bacaan Al-Qur’an sudah siap dan tersedia di depan Anda.

Mulailah shalat dengan membaca niat secara lengkap: “Aku berniat mengerjakan Sholat Tarawih dua belas raka’at sunnatullah”. Kemudian bacalah doa iftitah serta takbir sebagai awalan dari setiap raka’atnya.

Selanjutnya, mulailah membaca surah al-Fatiha pada setiap raka’atnya dilanjutkan dengan membaca surah Al-Ikhlas atau surah-surah lain sesuai keinginan Anda. Jangan lupa untuk mengucapkan salam saat selesai 12 raka’at tarawih tersebut.

Setelah selesai melaksanakan sholat tarawih sendiri di rumah, jangan lupa untuk membacakan doa penutup agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Semoga informasi ini dapat bermanfaar bagi kita semua dalam menjaga kualitas ibadah selama bulan Ramadhan ini.

Baca Juga  5 Cara Menyayangi Hewan Dengan Baik

Tips Membuat Shalat Tarawih di Rumah Menjadi lebih Khidmat

Berikut beberapa tips untuk membuat shalat tarawih di rumah menjadi lebih khidmat:

1. Buatlah suasana yang tenang dan nyaman
Pastikan bahwa tempat shalat anda bersih, rapih, dan bebas dari gangguan apapun seperti suara bising atau cahaya terlalu terang. Anda juga dapat menyalakan lampu dengan intensitas sedikit redup agar suasana menjadi lebih khidmat.

2. Pilihlah waktu yang tepat
Usahakan untuk melaksanakan shalat tarawih di waktu yang sama setiap harinya agar bisa membiasakan diri dan merasakan manfaatnya secara maksimal.

3. Baca Al-Quran dengan tartil
Bacalah Al-Quran dengan tartil sehingga bisa memperhatikan tajwid serta makna ayat-ayat tersebut.

4. Ingatkahkan hati pada Allah SWT
Saat melakukan ibadah, fokuskan hati pada Allah SWT dan hilangkan semua pikiran negatif maupun hal-hal lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah.

5. Perbanyak doa-doa sunnah setelah selesai sholat
Setelah selesai melaksanakan Sholat Tarawih, jangan lupa memperbanyak doa seperti dzikir pagi-petang serta mendo’akan orang-orang tersayang sebagai bentuk kebaikan bagi sesama ummat manusia.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kita akan mendapatkan pengalaman ibadah tarawih sendiri di rumah yang lebih berkualitas serta penuh keberkahan dari Allah SWT tanpa harus ribet atau kesulitan dalam melakukannya.

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa melakukan shalat tarawih sendiri di rumah tidaklah sulit. Yang diperlukan hanyalah persiapan yang cukup dan tata cara yang benar saat melaksanakan shalat tarawih tersebut. Dengan memperhatikan keutamaan dari shalat tarawih, maka kita akan semakin termotivasi untuk melaksanakannya secara rutin setiap malam Ramadan.

Tentu saja, dengan mengikuti tips membuat shalat tarawih di rumah menjadi lebih khidmat serta menghafalkan doa dan niat lengkapnya juga akan membantu dalam menjadikan ibadah tersebut semakin menyatu dengan hati dan pikiran kita.

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah pada bulan suci Ramadan! Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.

Untuk informasi lainnya: dokaru.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *