Cara Mengatasi 120Hz Smartphone Lebih Efisien

Apa itu 120Hz?

Cara Mengatasi 120Hz Smartphone. 120Hz adalah teknologi layar yang memungkinkan smartphone menampilkan gambar dengan refresh rate 120 kali per detik. Artinya, setiap detik layar akan mengalami 120 kali perubahan gambar. Hal ini menjadikan tampilan pada layar smartphone semakin halus dan responsif.

Dengan teknologi 120Hz ini, pengguna bisa merasakan kepuasan saat mengoperasikan aplikasi atau bermain game karena ada peningkatan dalam kecepatan respon dari ponsel pintar mereka. Selain itu, warna dan kontras pada layar pun terlihat lebih hidup.

Meski begitu, tidak semua orang menyukai fitur ini karena penggunaannya mempengaruhi daya baterai pada smartphone Anda. Kebanyakan pengguna cenderung lebih memilih menggunakan mode standar dengan refresh rate sekitar 60Hz untuk membantu menghemat daya baterai mereka.

Namun, bagi anda yang mencari sensasi baru dalam menggunakan smartphone maka teknologi 120Hz menjadi sebuah alternatif menjanjikan untuk meningkatkan kualitas visualisasi layarnya.

Mengapa 120Hz Lebih Efisien?

Mengapa 120Hz Lebih Efisien?

Saat ini, semakin banyak produsen smartphone yang menawarkan layar dengan refresh rate 120Hz. Tapi apa sebenarnya yang membuat 120Hz lebih efisien dibandingkan dengan refresh rate lainnya?

Pertama-tama, penggunaan refresh rate tinggi dapat membantu mengurangi stuttering pada gambar atau video. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan dalam jumlah frame per detik dari sebuah tampilan visual, sehingga memberikan gambar yang lebih mulus dan lancar.

Selain itu, layar dengan refresh rate tinggi juga memungkinkan responsivitas sentuhan atau touch screen menjadi lebih cepat dan akurat. Sehingga ketika Anda sedang bermain game atau melakukan aktivitas lainnya di smartphone, respon akan terasa jauh lebih baik.

Namun demikian, kelebihan utama dari penggunaan layar dengan refresh rate 120Hz adalah meningkatkan efisiensi baterai. Dengan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan secara otomatis antara 60Hz hingga 120Hz sesuai kebutuhan, maka daya baterai bisa bertahan lebih lama daripada saat menggunakan konfigurasi tetap seperti pada layar ber-refresh-rate rendah.

Dalam hal inilah produsen smartphone terbaru telah berhasil meningkatkan kualitas layarnya tanpa harus merugikan performa baterai ataupun menyebabkan overheating pada perangkat tersebut. Oleh karena itu tidak heran jika sekarang semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan gadget dengan teknologi ini.

Bagaimana Cara Mengatasi 120Hz Smartphone?

Jika Anda memiliki smartphone dengan layar 120Hz, Anda mungkin menyadari bahwa baterai smartphone cenderung cepat habis. Ini disebabkan oleh penggunaan daya yang lebih tinggi pada refresh rate yang lebih cepat.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini dan memaksimalkan efisiensi penggunaan baterai. Pertama, atur refresh rate ke mode adaptif atau otomatis sehingga ponsel hanya akan menggunakan refresh rate maksimal ketika diperlukan.

Penting juga untuk menonaktifkan fitur-fitur seperti Always-On Display dan motion smoothing jika tidak digunakan karena kedua fitur tersebut dapat meningkatkan konsumsi daya secara signifikan.

Selain itu, kurangi waktu pencahayaan layar dan jangan biarkan aplikasi terus-menerus berjalan di latar belakang. Tutup aplikasi saat tidak digunakan agar tidak membebani kinerja ponsel serta menghemat daya baterai.

Terakhir, pastikan selalu melakukan update sistem operasi dan aplikasi secara berkala karena hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi penggunaan baterai pada smartphone dengan layar 120Hz.

Kekurangan 120Hz

Meskipun 120Hz menawarkan pengalaman visual yang lebih mulus dan responsif, ada beberapa kekurangan yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk mengaktifkannya pada smartphone Anda. Pertama-tama, penggunaan daya baterai akan meningkat secara signifikan saat 120Hz diaktifkan. Hal ini disebabkan oleh refresh rate yang lebih tinggi yang membutuhkan daya ekstra dari baterai. Jadi jika Anda ingin menjaga daya tahan baterai tetap optimal, mungkin sebaiknya tidak menggunakan mode 120Hz.

Kekurangan lain adalah bahwa tidak semua aplikasi atau game mendukung refresh rate 120Hz. Banyak aplikasi dan game masih dirancang dengan maksimal refresh rate hingga 60Hz saja. Jadi pada akhirnya, meskipun memiliki layar dengan kemampuan 120Hz akan memberikan nilai tambah bagi kualitas visual dalam beberapa situasi penggunaan seperti browsing web atau streaming video berkualitas tinggi, namun hal ini tidak selalu berdampak positif pada performa smartphone secara keseluruhan.

Yang terakhir adalah harga smartphone dengan dukungan fitur tersebut biasanya lebih mahal dibandingkan pilihan tanpa dukungan fitur tersebut. Meskipun sudah semakin banyak vendor smartphone yang menyediakan opsi layar dengan refresh rate tinggi pada produk mereka, namun harganya juga jauh lebih mahal daripada model standarnya tanpa fitur tersebut.

Kelebihan 120Hz

Kelebihan 120Hz pada smartphone dapat memberikan pengalaman visual yang lebih halus dan mulus. Dibandingkan dengan layar standar 60Hz, refresh rate yang lebih tinggi membuat pergerakan gambar terlihat lebih lancar dan responsif. Hal ini sangat penting bagi para gamer atau orang-orang yang sering menonton film atau video di ponsel.

Selain itu, layar dengan refresh rate 120Hz juga dapat membantu mengurangi motion blur saat bermain game cepat atau menonton aksi dalam film. Dengan kata lain, ketika objek bergerak pada layar, akan ada sedikit blur tetapi hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan ponsel dengan refresh rate tinggi.

Namun demikian, kelebihan 120Hz juga memiliki dampak pada daya tahan baterai smartphone Anda. Layar tersebut membutuhkan daya baterai yang lebih besar daripada layar standar sehingga mungkin saja baterai ponsel akan cepat habis jika digunakan untuk waktu lama.

Tetapi jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan penggunaan layar 120Hz agar efisien dan hemat daya seperti menggunakan mode hemat energi dan membatasi aplikasi tertentu dari penggunaan refresh rate tinggi.

Dalam kesimpulannya, meskipun ada beberapa kekurangan dari penggunaan layar dengan refresh rate tinggi seperti konsumsi daya baterai yang meningkat, namun kelebihannya jauh lebih banyak terutama bagi mereka yang senang nge-game ataupun streaming video di ponsel mereka.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa fitur 120Hz pada smartphone dapat memberikan pengalaman visual yang lebih baik dan mulus. Namun demikian, terdapat beberapa kekurangan seperti konsumsi daya baterai yang lebih besar dan harga perangkat yang lebih mahal.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara efektif agar penggunaan 120Hz pada smartphone menjadi lebih efisien. Mulai dari menyesuaikan refresh rate sesuai dengan jenis konten yang ditampilkan hingga mematikan fitur tersebut ketika tidak diperlukan.

Namun tentunya setiap individu memiliki preferensi masing-masing dalam menggunakan perangkat smartphone. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu mencoba dan mengeksplorasi berbagai opsi sehingga pengalaman menggunakan 120Hz dapat optimal sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jadi itulah cara mengatasi 120Hz pada smartphone agar lebih efisien. Dengan memperhatikan segala aspek termasuk manfaat serta keterbatasannya, kita bisa mendapatkan hasil maksimal dari teknologi canggih ini tanpa harus merasa khawatir akan dampaknya bagi perangkat maupun budget kita sendiri.

Untuk informasi lainnya: maiteh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *